Mengintip Indahnya Panorama Taman Nasional Baluran

Arloji Wanita – Sudah selayaknya kita bersyukur akan nikmat yang Tuhan berikan di negeri tercinta kita ini. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak sekali tradisi, budaya, dan pesona alamnya yang sangat luar biasa. Namun tak banyak dari kita yang mengetahui kekayaan Indonesia. Sehingga, kita lebih memilih untuk menikmati pesona alam yang dimiliki oleh negara lain.

Padahal kalau kita tau yang sesungguhnya pesona alam di Indonesia, dijamin deh kita bakal ketagihan terus untuk mengunjungi tempat-tempat wisata alam Indonesia. Misalnya saja di Jawa Timur terdapat begitu banyak objek taman wisata, salah satunya Taman Nasional Baluran yang berlokasi di Situbondo. Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat terbang melalui jalur bandara Belimbing Sari, Banyuwangi. Karena lokasinya lebih dekat dengan Taman Nasional Baluran.

Buat kalian yang hobi travelling, Taman Nasional Baluran Situbondo ini dapat kalian jadikan destinasi wisata saat liburan akhir tahun nanti. Lantas, mengapa harus memilih wisata di sana? Memangnya apa yang menarik dari taman wisata itu? Yuk, simak ulasan berikut ini

1. Pemandangan Indah dan Udara Sejuk

Tak dapat dipungkiri lagi jika para wisatawan, khususnya yang berasal dari Jawa Timur, seringkali berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Panorama yang dipancarkan oleh taman wisata itu sudah tidak bisa diragukan lagi keindahannya. Tak heran jika Taman Nasional Baluran kerap dikunjungi juga oleh wisatawan mancanegara. Karena pemandangannya yang sangat menakjubkan inilah yang menjadikan alasan bagi mereka untuk berwisata di Taman Nasional Baluran.

Hasil gambar untuk Taman Nasional Baluran berada di antara dua gunung

Tak hanya itu, udara di sana juga sejuk nan rindang. Tahukah kalian? Ternyata Taman Nasional Baluran berada di antara dua gunung. Dua gunung yang mengapit Taman Nasional Baluran adalah Gunung Ijen dan Gunung Semeru. Jika kalian bergerak menuju bagian tengah dari taman wisata tersebut, kalian akan menjumpai Gunung Api Baluran yang memang letaknya berada di tengah taman nasional ini. Namun jangan khawatir meletus ya, karena sekarang gunung tersebut sudah tidak aktif lagi.

2. Tiket Masuk yang Terjangkau

Alasan kedua mengapa banyak wisatawan yang menghabiskan liburannya di Taman Nasional Baluran adalah karena harga tiket masuk taman nasional ini dapat dikatakan murah banget. Ada beberapa macam harga tiket masuk yang dikenakan kepada setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Untuk bisa menikmati panorama Taman Nasional Baluran, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp 15.000 saja untuk tiket masuk hari Senin sampai Jumat. Dan untuk hari libur atau akhir pekan, kalian perlu menambah biaya sebesar Rp 2.500 saja. Wah, murah banget ya? Dengan biaya segitu, kalian sudah bisa menikmati indahnya pesona Taman Nasional Baluran yang ada di Situbondo, Jawa Timur ini.

3. Ragam Wahana

Kalau kalian sudah memasuki taman nasional ini, kalian akan disuguhkan dengan banyak wahana yang sangat menakjubkan. Pertama, kalian akan menjumpai Hutan Musim. Mengapa disebut dengan hutan musim ya? Hal ini dikarenakan hutan ini mengikuti perubahan musim yang ada di Indonesia. Karena Taman Nasional Baluran ini sangat luas, maka kalian harus melalui wahana hutan ini lebih kurang lima kilometer untuk sampai ke wahana berikutnya. Setelah kalian melalui wahan hutan ini, wahana berikutnya yang akan kalian jumpai adalah Hutan Evergreen. Dikatakan sebagai Hutan Evergreen karena hutan ini selalu hijau di sepanjang tahun dan musim. Ini berarti berbanding terbalik ya dengan Hutan Musim tadi. Tak hanya itu, kalian juga akan menemui sungai di hutan ini. Mungkin ini salah satu alasan juga mengapa hutan ini tetap subur nan hijau.

Hasil gambar untuk hutan evergreen di baluran

Wahana selanjutnya adalah Padang Rumput dan Pantai Bama. Buat kalian yang tadinya pengen jalan-jalan ke Afrika untuk melihat padang rumput di sana, sebaiknya kalian ke Taman Nasional Baluran saja. Hal ini karena taman nasional tersebut punya padang rumput ala Afrika loh. Sejauh mata memandang, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Tak heran jika para wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegera tak bosan-bosan berwisata di Taman Nasional Baluran ini.

Buat kalian yang hobi ke pantai, di taman nasional ini juga ada pantai loh. Jangan salah! Lokasinya juga gak jauh kok, hanya tiga kilometer saja jika kalian berangkat dari wahana Padang Rumput. Pantai ini dapat melepas penat dan gerah kalian setelah menikmati wahana Padang Rumput. Oh ya, jangan lupa untuk masuk ke Goa Jepang ya. Rasanya kurang lengkap jika kalian belum melihat pemandangan bersejarah yang ada di Goa Jepang. Lokasinya berada tepat di pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Dan, jika kalian suka banget atau hobi memancing, kalian bisa menikmati hobi kalian di Pantai Kajang yang ada di Taman Nasional Baluran ini. Juga jangan lupa untuk bersinggah sebentar ke Dermaga Mangrove Bama.

Nah, buat kalian yang pengen menghabiskan liburan akhir tahun sambil merayakan malam pergantian tahun baru, sangat disarankan untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran yang berlokasi di Situbondo, Jawa Timur. Dengan harga tiket masuk yang sangat murah, kalian bisa menikmati panorama yang sangat menakjubkan dan pastinya tidak akan bosan untuk datang ke Taman Nasional Baluran. Jika ingin mencari hotel bagus tinggal booking hotel murah Indonesia di Reservasi.com. Selamat berlibur!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*