Apa saja sih yang diperiksa saat General Check Up?

general chek up

Arloji Wanita – Anda tidak perlu sakit terlebih dahulu jika ingin mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Pemeriksaan kesehatan atau general check up adalah serangkaian uji kesehatan rutin yang dapat dilakukan di rumah sakit atau klinik untuk memeriksa kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mengantisipasi risiko penyakit dini. Pemeriksaan kesehatan rutin ini juga sering disebut general check up biasanya dimulai dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan sesuai dengan indeks massa tubuh (body mass index/BMI). Pengukuran ini dapat dilakukan setiap 2 tahun sekali bagi usia di bawah 50 tahun dan setahun sekali bagi usia di atas 50 tahun.

general check up

Selain mengukur berat dan tinggi badan, general check up juga memeriksa fungsi jantung dan paru dengan EKG, kesehatan kulit untuk mendeteksi risiko kanker kulit atau penyakit lainnya, kesehatan mata  untuk mendeteksi risiko glaukoma atau gangguan lainnya, THT untuk memeriksa kesehatan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan, kesehatan gigi, tulang, hingga respon refleks tubuh dan kekuatan otot.

Meski general check up tidak diwajibkan, ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan setidaknya sekali seumur hidup untuk mengetahui gambaran dasar dari kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika pada kunjungan pertama dinyatakan sehat walafiat tanpa kecurigaan, dokter biasanya akan merekomendasikan untuk melakukan general check up 3-5 tahun sekali. Namun jika Anda berusia 50 tahun ke atas, sebaiknya lakukan pemeriksaan karena  pada usia tersebut Anda berisiko diabetes dan hipertensi.

Adapun beberapa pemeriksaan yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan general check up sebagai berikut:

  • Kolonoskopi atau tes okultisme (feses dan darah). Pemeriksaan ini berfungsi untuk skrining kanker usus besar dan direkomendasikan untuk usia 50 tahun ke atas.
  • Mammogram. Pemeriksaan yang dimulai pada usia 45 tahun ini berfungsi untuk mendeteksi kanker payudara.
  • Pap Smear. Pemeriksaan untuk skrining HPV dan kanker serviks bagi usia 21-29 tahun (3 tahun sekali) dan usia 20-65 tahun (5 tahun sekali).
  • Pemeriksaan testis, penis, dan prostat untuk mendeteksi risiko kanker dan gangguan kesehatan organ lainnya.

Dari beberapa tes kesehatan di atas, alangkah baiknya jika Anda dapat melakukan tindakan preventif dengan benar dalam mencegah timbulnya gangguan kesehatan tersebut. Agar tidak merasa dirugikan, Anda perlu mencari tempat pemeriksaan general check up terbaik dan terpercaya. Salah satu tempat terpercaya yang dapat Anda kunjungi adalah HonestDocs. Disini Anda dapat melihat jenis dan biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan serangkain tes kesehatan mulai dari tes darah, tes HPV, hingga vaksin difteri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*