Apakah Obat Ranitidine Aman untuk Ibu Hamil?

ranitidine untuk ibu hamil

Arloji Wanita – Maag bisa tetap terjadi ketika seseorang sedang hamil. Kondisi maag sendiri tidak bisa dihindari, karena memang hormon dan kondisi fisik calon ibu yang tidak prima dapat memicu kambuhnya maag terjadi. Salah satu obat yang sering dikonsumsi sebagian orang guna meredakan perih pada lambung yaitu ranitidine. Lalu apakah aman mengkonsumsi ranitidine untuk ibu hamil?

ranitidine untuk ibu hamil

Apa itu ranitidine?

Ranitidine termasuk jenis obat untuk menghalangi atau mengurangi asam berlebihan dalam lambung atau saluran pencernaan. Obat ini bisa mengurangi refluks asam lambung dari saluran pencernaan sehingga mengurangi rasa sakit seperti mual dan perih akibat maag.

Menurut badan FDA di Amerika Serikat, obat ranitidine untuk ibu hamil tidak menyebabkan masalah untuk janin, meskipun obat ini juga akan melewati plasenta bayi dan bisa saja sampai ke janin. Namun pemakaian obat ranitidine hanya diizinkan dengan dasar pengawasan dari dokter.

Apakah  ranitidine aman dikonsumsi untuk ibu hamil?

Tidak ada jawaban pasti untuk pernyataan ini, tetapi biasanya, ranitidine aman dikonsumsi selama kehamilan. Jika Anda hamil, selalu lebih baik mencoba mengobati gangguan pencernaan tanpa minum obat. Dokter atau bidan Anda pertama-tama akan menyarankan Anda untuk mencoba meringankan gejala Anda dengan makan lebih sering, dan tidak mengonsumsi makanan berlemak dan pedas. Mereka mungkin juga menyarankan mengangkat kepala tempat tidur Anda 10 hingga 20 cm, sehingga kepala dan dada Anda lebih tinggi dari pinggang Anda. Ini akan membantu menghentikan asam lambung naik menuju tenggorokan Anda. Jika perubahan gaya hidup ini tidak berhasil, maka barulah Anda mungkin akan disarankan mengkonsumsi obat seperti ranitidine.

Ranitidine atau penghambat reseptor H2 telah diuji pada wanita hamil, dan belum terbukti membahayakan perkembangan janin dalam rahim. Karena itu, ranitidine lebih aman dipilih untuk digunakan pada kehamilan ketika terjadi maag. Dosis mengkonsumsi ranitidine untuk ibu hamil bervariasi, tergantung pada tujuan penggunaan, tingkat keparahan, gejala, dan riwayat kesehatan ibu hamil itu sendiri. Pastikan untuk konsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai mengkonsumsi pada setiap dosis tertentu. Pesan ranitidine secara online di HonestDocs, situs apotek online terpercaya dengan harga yang terjangkau.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*