Bahasa Isyarat yang Biasa Digunakan di Indonesia

bahasa isyarat indonesia

Arloji Wanita – Saat ini mungkin sudah banyak sekali orang yang sangat mengenal dengan adanya Bahasa isyarat. Adanya Bahasa isyarat memang begitu pentingnya untuk semua orang yang memang ingin melakukan interaksi dengan orang mengalami tuna wicara ataupun tuna rungu. Dengan adanya bahasa isyarat tentu saja anda akan lebih mudah melakukan komunikasi dengan orang yang memang memiliki kekurangan tersebut. Bahasa isyarat Indonesia pun juga memiliki pemberlakuan yang memang digunakan oleh sebagian besar atau bahkan hampir semua dari orang Indonesia. Oleh, karena itu adanya Bahasa isyarat tersebut memang sangatlah penting untuk bisa membuat anda lebih mengerti. Jika anda, ingin mengetahui mengenai Bahasa isyarat dari Indonesia yang harus anda gunakan. Maka, simaklah pembahasan kali ini dengan lebih baik sampai dengan selesai.

bahasa isyarat indonesia

Bahasa Isyarat yang Digunakan di Indonesia

Jika, anda memang ingin menggunakan Bahasa isyarat dari Indonesia yang memang sudah banyak digunakan, maka anda harus mengenal dua tipe dari Bahasa isyarat ini yaitu, BISINDO dan juga SIBI. Kita yang masih belajar mengenai Bahasa isyarat atau bahkan masih belum mengetahui dengan adanya Bahasa isyarat ini, pastinya akan lebih sulit untuk mengaplikasikannya. Namun, sebelum anda lebih jauh untuk mempelajari dan mengaplikasikan Bahasa isyarat maka ada baiknya anda mengetahui dasar dari pengertian kedua Bahasa isyarat ini agar anda lebih mudah lagi mempelajarinya dan juga mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari.  Terutama, jika anda yang memang akan berkecimpung di SLB memang diharuskan mengetahui adanya Bahasa isyarat.

Bahasa Isyarat SIBI

Indonesia memang memilih untuk lebih banyak menggunakan Bahasa isyarat tipe SIBI dan juga BISINDO. Berikut ini pengertian satu persatunya. Pertama kita memulainya dari SIBI yaitu Sistem Bahasa Isyarat Indonesia. Tipe pertama dari Bahasa isyarat ini memang diadopsi dari ASL atau yang biasa dikenal dengan American Sign Language. Bahasa yang satu ini sering digunakan untuk pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa digunakan oleh guru kepada siswa dan sebaliknya ataupun antar siswa. Namun, walaupun tipe Bahasa isyarat ini sering digunakan untuk pembelajaran di SLB. Tetapi, juga masih ada banyak teman kita tuna runggu dan juga tuna wicara yang merasa kesulitan untuk menggunakan Bahasa isyarat SIBI. Tidak banyak orang yang menggunakan SIBI untuk berkomunikasi ketika berada di kehidupan sehari-hari.

Bahasa Isyarat BISINDO

Lalu, yang kedua yaitu BISINDO atau kita bisa mengenalnya dengan Bahasa isyarat Indonesia yang memang sudah sangat banyak digunakan oleh teman-teman kita tuna rungu dan tuna wicara untuk melakukan komunikasi. Dan Bahasa isyarat tipe kedua ini memang dirasa cukup sederhana bahkan dari SIBI. Biasanya orang yang sudah mengalami tuna rungu akan lebih cepat memaknainya. Dan kenbanyakkan sudah bisa dicerna sejak kecil. Bahasa ini memang sudah ada secara alamiah digunakan. Berbedanya dengan Bahasa isyarat SIBI. BISINDO ini merupakan Bahasa isyarat yang mempertahankan Bahasa daerah juga. Jadi, bahasanya pun juga memiliki pengaruh yang kuat dari nilai-nilai daerah yang ada.

Perbedaan Bahasa Isyarat SIBI dan BISINDO

Perbedaan Bahasa isyarat Indonesia yang paling mencolok antara bahasa isyarat SIBI dan juga BISINDO yaitu. Kalau, SIBI menggunakan satu tangan tetapi BISINDO menggunakan dua tangan untuk melakukan komunikasi. Memang SIBI dikenal lebih susah untuk dipelajari, karena juga sudah menjadi bahasa mutlak. Jadi, itulah perbedaan dan pengertian yang paling mendasar untuk bahasa isyarat dari SIBI dan BISINDO. Namun, yang lebih umum lagi biasanya tuna rungu khususnya menggunakan dan memahami bahasa isyarat dari gerakkan bibir lawan bicaranya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*