Beberapa Cara Alami Untuk Mencegah Kehamilan

cara mencegah kehamilan

Arloji Wanita – Salah satu momen yang sangat dinantikan oleh setiap wanita yang telah menikah adalah kehamilan. Proses kehamilan merupakan suatu waktu yang akan membuat sebuah hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis. Meski begitu terjadinya sebuah kehamilan itu harus berdasarkan persetujuan dari kedua belah pihak pasangan yang telah menikah tersebut. Sebagai orang tua pastinya kamu harus membahas berbagai hal untuk menunjang masa depan yang diperlukan oleh si kecil. Program pengendalian kehamilan dan kelahiran atau yang sering kita kenal sebagai program Keluarga Berencana atau KB memang sejak dulu sudah digalakan pemerintah Indonesia.

Memang adanya beberapa orang yang telah berhasil mengikuti program ini dengan menggunakan berbagai alat kontrasepsi. Tetapi beberapa orang lainnya mengalami efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi ini. Satu satu solusi yang dapat mereka aplikasikan adalah menggunakan cara alami untuk mencegah kehamilan setelah melakukan hubungan suami istri. Lalu cara alami apa saja yang dapat mencegah kehamilan? Berikut beberapa cara alami untuk mencegah kehamilan diantaranya yaitu :

cara mencegah kehamilan

1. Menggunakan Metode Kalender (Tingkat Keberhasilan 80 %)

Penggunaan metode kalender ini akan sangat bergantung kepada perhitungan masa subur wanita dengan menggunakan kalender. Biasanya masa subur seorang wanita sekitar 18 hari dari siklus menstruasi hari pertama menstruasi. Tahap ini untuk mengetahui hari pertama dari masa kesuburan. Kemudian jika kamu ingin mengetahui hari terakhir masa subur, maka kamu harus mengurangi 11 hari dari hari hari terakhir siklus menstruasi.

2. Menggunakan Metode Pengukuran Suhu Tubuh 

Tahukah kamu jika suhu tubuh seorang wanita akan turun kompilasi indung telurnya pada saat dilepaskan dari ovarium. Dengan begitu, seorang wanita akan dapat memutuskan kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri supaya tidak terjadinya kehamilan. Yang perlu diketahui jika suhu tubuh wanita akan dapat mencapai hingga 24 jam sebelum telur dilepaskan dari Ovarium.

3. Menggunakan Metode Pemeriksaan Mucus Atau Lendir 

Cara mencegah kehamilan secara alami lain yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa lendir atau lendir yang ada di vagina. Keluarnya lendir ini adalah sebagai reaksi atau respons terhadap hormone wanita yaitu estrogen. Lendir yang keluar ini bentuknya seperti putih telur yang masih mentah dan mengkilat.

4. Menggunakan Metode Gejala Panas 

Metode gejala panas yang digunakan untuk menghitung adalah metode kombinasi dari ketiga metode yang telah dijelaskan diatas seperti metode kalender, metode pengukuran suhu tubuh, dan juga metode pengecekan lendir. Selain metode diatas, kamu juga dapat menggunakan metode symptothermal yang berarti diikuti oleh faktor faktor lain seperti payudara mengalami sakit, ataupun merasakan kram pada perut yang terjadi pada saat dilepaskannya pelepasan indung telur dari ovarium.

5. Menggunakan Alat Pendeteksi Ovulasi Pada Wanita

Kamu juga dapat melakukan pencegahan kehamilan dengan menggunakan alat pendeteksi ovulasi yang dapat kamu beli di toko farmasi. Dengan menggunakan alat ini maka akan dapat melepaskan hormone yang dapat meningkatkan ovulasi. Sehingga dapat melepaskan hubungan suami istri untuk sel telur yang akan dilepaskan terlebih dahulu dan menunggu beberapa hari setelahnya.

Selain itu masih ada cara alami lain untuk mencegah kehamilan yaitu dengan menghindari terjadinya penetrasi didalam vagina. Ini mungkin merupakan salah satu metode pencegahan kehamilan yang paling sulit, karena penggunaan metode ini akan membutuhkan komitmen yang kuat dari pasangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*