Beragam Persyaratan dan Biaya Pembuatan SIUJK

biaya pengurusan siujk

Arloji Wanita – Pengurusan SIUJK bagi seseorang yang memiliki usaha konstruksi adalah hal yang sangat penting dan wajib. Ya, SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi merupakan sebuah dokumen legal yang menunjukkan tentang perizinan usaha yang dijalankan. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas persyaratan dan juga biaya pengurusan SIUJK.

Pengetahuan mengenai kedua hal di atas adalah penting. Dengan mengetahui beragam jenis persyaratan untuk membuat SIUJK, tentu Anda akan bisa mengurus dokumen ini dengan lebih mudah. Selain itu, dengan pengetahuan terkait pembiayaan, ada persiapan dana yang bisa dilakukan sebelumnya demi kelancaran pembuatan.

biaya pengurusan siujk

Bagaimana Cara Mendapatkan SIUJK?

Untuk mendapatkan SIUJK, ada rangkaian jalan yang cukup panjang yang harus dilalui dengan baik. Beberapa langkah untuk mendapatkan SIUJK tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pertama, Anda harus mengetahui masuk mana usaha konstruksi yang Anda miliki. Dalam hal ini, ada dua kategori yang dibedakan, yaitu:

  • Pelaksana konstruksi
  • Konsultan konstruksi atau perencana dan pengawas konstruksi

2. Kedua, setelah menentukan kategori sebagaimana di atas, Anda harus memilih sub klasifikasi yang akan diambil. Ada beberapa sub klasifikasi yang tersedia dan perlu dipertimbangkan. Baca keterangan lengkap mengenai sub klasifikasi tersebut dan pilih mana yang sesuai dengan usaha yang Anda jalankan.

3. Ketiga, setelah bagian sub klasifikasi dipilih dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan SKA. SKA atau SKT adalah sertifikat keahlian dan sertifikat kemampuan yang secara umum gunanya adalah untuk menunjang sub klasifikasi yang sebelumnya telah Anda pilih dengan saksama

4. Keempat, untuk mendapatkan SIUJK, maka Anda harus membuat KTA atau Kartu Tanda Anggota dan SBU atau Sertifikat Badan Usaha. Tentu, kedua hal ini harus disesuaikan dengan klasifikasi dari usaha yang sudah dipilih sebelumnya

5. Kelima, setelah semua persyaratan tersebut terpenuhi dengan baik dan lengkap, maka pengurusan SIUJK bisa dilakukan dengan segera. Nah, persyaratan tadi akan menjadi bukti bahwa Anda sudah memiliki bekal yang kuat untuk mendapatkan SIUJK guna kelancaran bisnis konstruksi yang Anda miliki

Beragam persyaratan di atas harus menjadi perhatian dalam pengurusan SIUJK. Dengan syarat yang lengkap, tentu proses SIUJK akan berjalan dengan lebih baik.

Besaran Biaya Pembuatan SIUJK

Sebagaimana disinggung di awal bahwa mengetahui besaran biaya pengurusan SIUJK adalah hal yang penting. Dengan pengetahuan tersebut, maka akan ada langkah persiapan yang bisa dilakukan.

Terkait berapa biaya untuk membuat SIUJK, maka Anda harus memahami tentang skala perusahaan terlebih dahulu. Ya, SIUJK tersebut dibagi menjadi beberapa kategori, seperti:

  • SIUJK untuk perusahaan jasa pengawas dan perencana konstruksi atau konsultan dibagi ke dalam golongan kecil hingga golongan besar dengan grade 2 hingga 4
  • SIUJK untuk perusahaan jasa pelaksana atau kontraktor dibagi menjadi beberapa kategori dari golongan kecil hingga golongan besar dengan grade 2 hingga 7

Dalam hal ini, jika suat perusahaan masuk dalam kategori atau grade 2, maka modal yang sebaiknya disediakan adalah sekitar 1 Miliar. Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan SIUJK?

Rincian biaya tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sekitar 19 jutaan untuk 1 bidang
  • Sekitar 22 jutaan untuk 2 bidang
  • Sekitar 25 jutaan untuk 3 bidang

Demikian beberapa ulasan tentang pembuatan SIUJK. Tentu, baca keterangan lebih lanjut terkait biaya pembuatan SIUJK karena ada kemungkinan biaya tersebut berubah karena adanya aturan yang baru yang ditetapkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*