Cara Menghilangkan dan Mencegah Karang dengan Scaling Gigi

pembersihan karang gigi

Arloji Wanita – Karang gigi adalah plak gigi yang menumpuk dalam waktu lama dan mengeras. Plak gigi sebenarnya masih dapat dibersihkan dengan menyikat gigi sehari dua kali. Namun, jika jarang menyikat gigi atau tidak menyikat gigi dengan bersih, hasilnya plak gigi akan mengeras dan menjadi karang gigi. Salah satu cara menghilangkan karang gigi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi adalah dengan metode scaling. Sisa makanan yang menumpuk tidak hanya bisa menimbulkan karang gigi. Tapi juga bisa menimbulkan beragam masalah gigi yang akan menyiksa di kemudian hari. Karang gigi terjadi karena tidak dibersihkan dengan menyikat dan kumur-kumur. Bakteri dalam plak akan menghasilkan asam yang dapat merusak gigi, menyebabkan gigi berlubang dan membuat racun yang mampu merusak gusi. Ketika plak di gigi bercampur dengan mineral dalam air liur, maka akan terbentuk endapan keras yang disebut karang gigi atau kalkulus. Oleh karena itulah, pembersihan karang gigi adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan.

pembersihan karang gigi

Pembersihan Karang Gigi dengan Scaling

Scaling adalah sebuah prosedur membersihkan karang gigi yang terdapat di bagian putih gigi, khususnya di bagian antara gigi dan gusi. Banyak orang awam berpendapat bahwa menghilangkan plak gigi dan karang gigi dapat diatasi dengan bahan-bahan alami seperti cengkeh dan biji asam kawak. Padahal hal itu tidaklah tepat karena bahan-bahan tersebut hanya akan bersifat sebagai antiseptik dalam rongga mulut. Dokter gigi akan menggunakan alat khusus untuk membersihkan karang gigi yaitu scaler. Sementara itu, dari beberapa macam metode scaling gigi, metode manual adalah cara pembersihan plak dan karang gigi yang paling rapi dibanding dengan alat ultrasonik. Bicarakan dengan dokter gigi mengenai metode apa yang akan digunakan.

Mencegah Terjadinya Karang Gigi

Setelah Anda mengetahui bahwa pembersihan karang gigi dapat dilakukan dengan scaling, beberapa lagkah yang bisa dilakukan untuk mencegah berkembangnya karang gigi diantaranya:

  1. Sikat gigi dengan rutin. Dengan menyikat gigi dua kali sehari selama minimal dua menit, hal itu dapat mencegah berkembangnya karang gigi. Gunakan sikat gigi lembut dan sikat gigi yang mampu menjangkau bagian belakang gigi geraham.
  2. Pasta gigi yang mengandung flouride dan trikolsan. Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride dan trikolsan untuk mencegah plak berkembang dan mampu memperbaiki lapisan gigi yang rusak.
  3. Membatasi makanan dan minuman manis. Bakteri dapat berkembang dengan baik saat Anda mengonsumsi makanan bertepung atau manis.
  4. Rutin menggunakan obat kumur untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut.
  5. Tidak merokok. Kandungan zat kimia yang ada pada rokok dapat mempermudah pembentukan plak dan karang gigi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*