Ikuti Langkah Mencuci Mobil Ini Agar Cat Mobil Tetap Mengkilau

mencuci mobil

Arloji Wanita – Mencuci Mobil meruakan sebuah kegiatan yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan mobil khususnya cat tetap bersih dan mengkilau, namun sayangnya masih banyak pemilik mobil yang belum tahu langkah yang benar dalam mencuci mobil.

Padahal untuk mempertahankan kualitas body terutama cat mobil diperlukan perawatan yang cukup, salah satunya adalah dengan rutin membersihkan atau mencuci mobil dengan benar.

Sebenarnya tidak ada cara yang khusus saat mencuci mobil namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengingat hampir sebagian besar komponen mobil terutama pada bagian bodi mobil menggunakan bahan cat yang merupakan bahan kimia yang cukup sensitif sehingga bila anda salah dalam proses mencuci mobil akan mengakibatkan beberapa kerusakan seperti  seperti baret, warna yang memudar dan masih banyak lainnya.

Nah mbagi yang masih bingung cara mencuci mobil yang benar, yuk simak artikel dibawah ini:

mencuci mobil

1. Dari bawah keatas

Salah satu kesalahan paling dasar beberapa orang saat mencuci mobil adalah dengan membersihkan mobil dari arah atas kebawah, sebenarnya cara itu tidak salah namun kuang tepat saja. Cucilah mobil dari bagian bawah menuju keatas, artinya mencuci mulai dari bagian roda dan velg lebih dahulu hanya menggunakan air tanpa di campuri sampo, ini berguna untuk menghilangkan kotoran atau tanah yang menempel pada bagian bawah mobil baru kebagian body-body hingga menuju interior dalam.

2. Gunakan mesin penyemprot dengan benar

Ketika menggunakan air bertekanan tinggi, miringkan semprotan air ke arah samping kanan atau kiri. Dan hindari untuk menyemprotkan air secara horizontal (semprotan langsung diarahkan ke depan tanpa dimiringkan). Lebih baik, arahkan dari atas ke bawah. Metode ini dimaksudkan untuk membuat kotoran langsung jatuh.

3. Gunakan sabun atau shampoo khusus mobil

Untuk mendapatkan hasil pencucian yang maksimal dan menjaga kualitas cat mobil awet cemerlang, sebaiknya pilih shampo yang mampu menyeimbangkan pH(tingkat keasaman) dari air yang digunakan. Karena, banyak yang kurang tahu berapa banyak zat besi dalam air yang bisa menyebabkan karat di bodi mobil. Dan penggunaan sampo yang tepat bisa menyeimbangkan zat korosif air menjadi pH yang seimbang. Dan yang perlu diperhatikan, ketika ada kotoran atau jamur yang nggak hilang dari bodi mobil setelah menggunakan sampo, jangan buru-buru menggosoknya terlalu keras. Karena, bisa menghilangkan lapisan varnish cat mobil.

4. Alat Khusus

Alat khusus yang dimaksud bukan seperti mesin, namun gunakan sarung tangan atau lap yang memiliki serat mikro untuk mengelap bagian body agar tidak terjadi lecet atau baret. Selain itu untuk proses pengeringan sebaiknya gunakan handuk berbulu. Bagi yang terbiasa menggunakan kanebo dan spons dengan busa biasa, sebaiknya tinggalkan peralatan tersebut. Karena, penggunaan kanebo dan spons busa biasa kurang efektif. Setelah bagian luar mobil sudah dibersihkan, lanjut mebersihkan, kemudian lanjut

5. Bersihkan bagian dalam mobil

Pada umumnya pada bagian dalam mobil paling banyak kotoran hasil dari sisa sisa sampah makanan, jejak kaki dan lain-lain. Jadi akan lebih baik menggunakan alat seperti vacum untuk menyedot debu atau sisa makanan atau anda bisa menggunakan lap microfiber. proses membersihkan bagian dalam mobil, sebaiknya biarkan pintu mobil terbuka agar membantu proses pengeringan komponen-komponen dalam mobil

Itulah beberapa tips mencuci mobil dengan langkah yang benar untuk menjaga kebersihan mobil khususnya bagian cat agar terihat selalu cerah cemerlang. Sehingga saat memakainya kepercayaan diripun terasa meningkat tajam.

Namun tak ada salahnya untuk menyerahkan urusan mencuci mobil ke salon khusus mobil agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, namun sediakan budget yang cukup yaaa…

Selamat mencoba…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*