Ingat ini, Sebelum Beli Matic Bekas

matic

Arloji Wanita – Matic masih menjadi motor primadona bagi warga Indonesia untuk menjadi alat trasportasi utama untuk mengarungi jalan kota. Namun bagi sebagian orang membeli matic yang baru bisa menjadi masalah karena harga yang tinggi.

Salah satu alternatif bagi kalian yang ingin membeli motor tidak dengan cara cash  atau kredit adalah dengan membeli motor matic bekas. Tidak dipungkiri, peminat sepeda motor matic bekas ternyata cukup banyak diminati dalam bursa sepeda motor.

Namun yang namanya bekas, kita tharus waspda dan lebihb teliti bila ingin mendapatkan barang berkualitas. Dipasaran jual beli motor memang banyak motor matic yang murah bahkan bisa dibilang sangat murah dikisaran 3 sampai 5 juta, motor seperti ini harus di pertimbangkan dengan matang sebelum dibeli.

Harga motor matic bekas di angka 5 juta atau kurang tidak direkomendasikan untuk dibeli, karena bisa jadi usia motornya sudah lebih dari 9-10 tahun. Usia motor matic yang harganya murah, biasanya sudah cukup tua dan kemungkinan memiliki banyak kendala pada mesin.

Nah agar tidak salah memilih motor matic bekas, berikut kami berikan tips sebelum membeli motor matic bekas.

matic

1. Pastikan Kondisi Motor

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kondisi motor matic yang akan kalian pinang. Pengecekan bisa dengan membawa kebengkel langganan, atau dengan melakukan tes jalan. Jangan mudah percaya dengan tampilan motor yang kinclong, karena bisa jadi mesin motor yang akan dibeli banyak masalah.

Selain mesin Pastikan bodi motor masih original dan belum dimodifikasi. Perhatikan juga bodi motor apakah banyak terdapat lecet-lecet atau goresan (bekas jatuh seperti bekas kecelakaan). Jangan tertipu dengan banyaknya stiker pada motor, karena bisa jadi itu untuk menutupi bekas goresan atau lecet pada motor.

Perhatikan juga stang motor apakah masih lurus atau sudah bengkok. Selain bodi bagian atas perhatikan kondisi ban motor, apakah masih bagus atau sudah botak.

Cek juga kondisi Oli ,jika kondisi oli sampai kering atau kotor maka ada kemungkinan ada kebocoran atau si pemilik kurang merawat motor sehingga Anda akan perlu melakukan banyak perbaikan di kemudian hari setelah membeli motor tersebut.

2. Pastikan Surat-surat

Surat-surat yang dimaksud adalah kelengkapan BPKB, STNK, dan Faktur Pajak, pastikan juga STNK dan Faktur Pajak masih berlaku, minimal 3-4 bulan sebelum pembayaran selanjutnya. Jika ada penunggakan pajak, perlu Anda pertimbangkan juga berapa biaya yang harus Anda tanggung untuk menutupi tunggakan pajak tersebut di kemudian hari. Hal ini bisa menjadi pertimbangan negosiasi harga motor tersebut nantinya.

3. Beli Dari Tangan Pertama Lebih Baik

Belilah motor dari tangan pertama agar harga yang didapat tidak terlalu tinggi. Buat janji bertemu dirumah sipenjual agar kamu bisa mengecek langsung kondisi motor yang akan dijual. Bertemu dengan penjual dirumah juga menghindari kamu dari modus penipuan. Lakukan janji ketemuan di rumah penjual motor, agar jika ada yang tidak sesuai dengan motor tersebut di kemudian hari, Anda masih dapat menghubungi si penjual motor.

4. Cek Kelistrikan

Pastikan indikator speedometer, meter bahan bakar, saklar lampu hingga lampu sein berfungsi dengan baik. Pastikan motor bisa distater dengan baik pula, periksa kesehatan aki sampai klakson dapat berfungsi dengan baik.

5. Test Jalan

Untuk memastikan kenyamanan dan kemungkinan munculnya masalah teknis lainnya, mintalah kepada penjual untuk melakukan test drive sebelum anda membeli motor matic tersebut. Dengan test jalan ini, anda akan dapat merasakan apakah semua komponen pada motor matic berfungsi dengan baik serta apakah motor matic bekas tersebut sesuai dengan ekspektasi anda.

Nah itulah beberapa tips yang dapat kami berikan pada artikel kali ini, semoga artikel kali ini bisa dapat membantu bagi yang ingin membeli motor matic bekas. Sebelum membeli pastikan betul point-point diatas agar terhindar dari biaya tambahan dikemudian hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*