Optimalkan Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama Dengan Cara Ini

perkembangan janin

Arloji Wanita – Perkembangan janin bisa dioptimalkan dengan menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Apa lagi pada trimester pertama kehamilan, sebab pada tahap ini berpengaruh terhadap kondisi janin selanjutnya. Untuk itu penting bagi Anda untuk memperluas wawasan seputar kehamilan agar bisa melakukan upaya terbaik bagi calon bayi Anda.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan ibu hamil saat masa awal kehamilan? Berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan untuk memastikan janin bisa sehat dan berkembang dengan baik.

perkembangan janin

1. Konsultasi ke Dokter

Saat Anda tahu kalau sedang hamil, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter nantinya akan mengecek dan memeriksa kondisi kehamilan. Selanjutnya dokter juga akan menyarankan kapan selanjutnya Anda perlu datang kembali agar kondisi janin bisa selalu dipantau.

Konsultasi medis disarankan sejak awal agar Anda bisa mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kondisi ibu hamil. Selain itu, jika misalnya ada kondisi yang tak terduga, dokter pun bisa melakukan penanganan secara cepat dan tepat.

2. Konsumsi Makanan yang Tepat

Ibu hamil juga harus memastikan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Beberapa menu makanan yang disarankan seperti buah-buahan dan sayuran setiap hari. Pastikan buah dan sayuran ini segar.

Selain itu juga pastikan karbohidrat tercukupi. Karbohidrat bisa didapatkan dari roti dan nasi. Untuk protein, Anda bisa mendapatkannya dari ikan, telur, dan kacang-kacangan. Jangan lupa juga untuk minum susu.

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi ikan. Setidaknya dua porsi ikan setiap minggu. Pilih ikan yang bagus untuk ibu hamil. Ikan tersebut mengandung protein, vitamin D, mineral dan asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Selain ikan, asam lemak omega 3 juga bisa didapatkan dari makanan lain, seperti kacang-kacangan, kedelai dan sayuran hijau. Yang penting diingat juga tidak perlu makan berlebihan saat hamil. Makan secukupnya saja. Pastikan juga tubuh selalu cukup cairan. Minimal Anda perlu minum delapan gelas air putih. Air putih ini juga bisa divariasikan dengan susu atau teh.

3. Konsumsi Suplemen

Jika diperlukan Anda bisa minum suplemen yang mengandung asam folat. Setidaknya selama tiga bulan pertama, asam folat sangat penting bagi perkembangan janin. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D selama masa kehamilan.

Manfaat asam folat dapat mengurangi risiko bayi mengalami cacat. Dosis asam folat yang dibutuhkan Anda sekitar 5mg per hari. Tapi Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Untuk konsumsi suplemen vitamin D harian butuh sekitar 10mcg. Vitamin D ini berguna untuk perkembangan kerangka dan tulang bayi.

Agar lebih praktis, bisa mencari multivitamin yang mengandung vitamin dan asam folat sekaligus. Jadi sekali minum, semua kebutuhan nutrisi itu bisa langsung terpenuhi. Pilihan suplemen bagus lainnya juga adalah suplemen yang mengandung omega 3. Kandungan ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

4. Rutin Berolahraga

Ibu hamil juga perlu rutin melakukan olahraga. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk ibu serta janin yang dikandungnya. Anda bisa melakukan olahraga ringan. Manfaatnya bisa membuat Anda tetap rileks dan terhindar dari ketegangan selama kehamilan. Juga berguna untuk memelihara stamina agar tetap dalam kondisi baik.

Beberapa jenis olahraga yang bagus untuk ibu hamil seperti jalan cepat, renang, yoga dan pilates. Jika Anda ikut kelas tersebut, pastikan instruktur tahu kalau Anda sedang hamil sehingga nantinya Anda akan diberikan porsi latihan khusus yang berbeda dengan ibu yang tidak hamil. Hindari olahraga yang berat dan berisiko. Pilih olahraga yang ringan dan aman untuk ibu serta perkembangan janin.

Itulah tips bagi ibu hamil agar bisa mempertahankan kondisi kesehatannya dengan baik. Ingat selalu untuk melakukan kontrol ke dokter agar perkembangan janin bisa selalu dipantau dengan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*