Tidak Perlu Panik, Atasi Muntah Anak di Rumah dengan Cara Yang Tepat

Penyebab muntah pada anak

Arloji Wanita – Hampir setiap orang tua merasa panik, ketika melihat anaknya mengalami muntah. Kondisi anak yang mentah belum waktu yang sebentar, mungkin tidak terlalu berbahaya. Tetapi jika muntah tersebut berkepanjangan, Anda pun wajib mencari tahu apa penyebab muntah pada anak dan penanganannya seperti apa yang harus dilakukan.

Ciri-ciri muntah pada anak yang lumrah terjadi, yaitu berlangsung tidak lebih dari 2 hari. Tetapi, jika anak muntah-muntah lebih dari 2 hari dan frekuensinya semakin sering, maka Anda perlu secepatnya berkonsultasi dengan dokter ahli.

Penyebab muntah pada anak

Penyebab muntah pada anak

Infeksi mikroorganisme yang menyerang pada sistem pencernaan anak, biasanya akan muncul tanda-tanda berupa diare, demam, dan nyeri. Hari ini terjadi akibat ketidak sengajaan anak menelan zat-zat beracun dari makanan atau minuman yang terkontaminasi bahan kimia ataupun dari jenis obat-obatan.

Mungkin juga anak muntah-muntah disebabkan oleh alergi makanan. Gejala ini muncul disertai dengan kulit merah dan gatal atau biasa juga muncul bengkak pada bagian Wajah, mata, bibir, lidah dan langit-langit mulut.

Selain itu, muntah pada anak juga bisa disebabkan oleh gerakan tubuh di luar kendali, seperti berayun, berlari-lari atau melompat-lompat. Bisa juga diakibatkan karena infeksi saluran kemih, meningitis atau radang selaput otak, infeksi telinga hingga stress atau cemas.

Menangani muntah pada anak dengan cara yang tepat

Saat anak muntah, orang tua harus tetap ingat untuk memberikan asupan mineral dengan membelinya minum air putih untuk menghindari dehidrasi. atau bisa juga anda berikan cairan oralit. Untuk nasi salary tidur sendiri harus sesuai dengan anjuran dokter karena tidak semua kondisi fisik anak itu sama.

Selain cairan oralit, bisa juga menangani muntah pada anak dengan sirup, ASI, dan air madu yang dicampur dengan air hangat.

Anda bisa memberikan cairan tersebut 1-2 sendok makan. Setelah 15 menit, berikan lagi sekitar 2 sampai 3 sendok makan. 15 menit selanjutnya, tambahkan lagi pacarannya menjadi 3 sampai 4 sendok makan.

Ambil wela anak masih tetap muntah, tindakan penanganan bisa dilakukan dengan cara berkonsultasi dengan dokter ahli.

Untuk mengetahui tindakan penanganan yang lebih tepat dalam mengatasi muntah pada anak, Anda bisa simak tips-nya di https://www.guesehat.com/.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*