Tips Memilih Lemari Pakaian  untuk Anak yang Tepat

lemari pakaian

Arloji Wanita – Seiring berjalannya waktu, anak Anda akan tumbuh besar dan ia akan memiliki kamar sendiri dengan semua isinya. Ketika masa itu tiba, ada baiknya Anda mempersiapkan semuanya sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan memilih lemari pakaian yang pas dan sesuai dengan keinginan mereka. Tujuannya agar kerapian kamarnya terjaga. Bagaimana tipsnya?

lemari pakaian

1. Pemilihan Bahan yang Aman Anak

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih bahan yang aman untuk anak. Hindari lemari yang terbuat dari bahan-bahan keras dan berbahaya seperti kaca atau aluminium karena itu rentan membuat mereka terluka terlebih bila anak Anda adalah tipe aktif.

Sebaiknya, pilihlah lemari dengan bahan dasar kayu ataupun plastik. Selain itu, cobalah untuk mengamati bahan dasar dari lemari yang Anda pilih. Pastikan permukaan kayu tidak berlubang karena itu akan membuat lemari tak awet dan harus ganti dalam waktu yang singkat.

2. Perhatikan Ukuran

Selain pemilihan bahan yang aman bagi anak, Anda juga harus memperhatikan ukuran dari lemari pakaian tersebut. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan ketersediaan ruang serta desain interior yang pas agar kamar tersebut nyaman dihuni. Jangan terlalu sempit namun jangan terlalu longgar juga. Meski begitu, Anda juga harus tetap ingat fungsi lemari yang dibeli.

Lemari ini bertujuan untuk menyimpan pakaian anak. Jadi, kalau bisa, sortir barang-barang anak yang tak terlalu dibutuhkan dan letakkan apa yang dibutuhkan di dalam lemari. Hal ini bertujuan agar anak lebih nyaman di kamar tersebut.

3. Sesuaikan dengan Usianya

Anda juga harus menyesuaikan dengan usia anak ketika memilih lemari. Jika anak Anda masih balita atau di bawah sepuluh tahun, ada baiknya Anda memilih lemari yang berukuran sedang. Sebab, kalau memilih yang terlalu tinggi dan besar, akan menyulitkan anak untuk menjangkau benda yang ada di dalam lemari.

4. Perhatikan Motif dan Warna

Apapun jenis lemari pakaian anak yang nantinya Anda pilih, ada baiknya sesuaikan motif dan warna lemari dengan kesukaan atau karakter anak Anda. Selain itu, sesuaikan juga dengan konsep ruang yang diambil. Pemilihan motif dan warna yang tepat bisa membuat ruangan terlihat senada dan estetikanya bagus.

Sederhananya, pastikan lemari anak Anda berpadu dengan seimbang dan dinamis dengan isi kamar. Tak ada salahnya Anda meminta pendapat si kecil dalam memilih lemari mana yang diinginkannya. Biarkan dia memilih sendiri mana model lemari yang ia sukai karena ini hasilnya akan lebih baik ketimbang Anda memutuskan segalanya sendiri.

Dengan memilih motif dan model lemari yang disukai anak, mereka akan lebih suka dengan kehadiran lemari tersebut dan membuatnya lebih betah di kamar. Terlebih, bila lemari yang dipilih memiliki gambar atau model seperti tokoh atau karakter favorit mereka.

5. Pilih Lemari yang Banyak Ruang

Bila anak Anda memilih banyak pakaian, ada baiknya pilihlah lemari yang memiliki banyak ruang. Hal ini akan membantu Anda agar lebih mudah dalam mengorganisir pakaian mereka. Contohnya, meletakkan celana jeans dalam ruang celana jeans, kaos dengan kaos dan lain sebagainya. Dengan pengelompokan ini, anak akan lebih mudah mencari pakaiannya.

Nah, itulah tips yang bisa Anda terapkan ketika memilih lemari pakaian untuk anak. Dengan memilih lemari yang sesuai dengan karakter mereka, anak akan merasa nyaman di kamarnya. Paling penting dalam memilih lemari ini adalah Anda harus memastikan bahwa lemari itu aman untuk anak Anda dan memenuhi kebutuhan mereka dalam menyimpan pakaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*