Ini Deretan Motor Jadul Yamaha, Tanda Yamaha Menemani Sejak Dulu

ulang tahun yamaha 64

Arloji Wanita – Sudah lebih dari 6 dekade, Yamaha sudah berkiprah dalam dunia otomotif dan menghadirkan beragam produk motor. Pada tanggal 1 Juli 2019, Yamaha tepat berusia 64 tahun. Ulang tahun Yamaha ini menjadi bukti dedikasinya yang tak pernah lekang. Deretan motor jadul dari awal kemunculan Yamaha sampai saat ini merupakan bukti bahwa Yamaha terdepan dalam berkarya.

ulang tahun yamaha 64

1. Yamaha V Series

Pada masa sebelum berdirinya Yamaha Indonesia, penjualan motor Yamaha di Indonesia sudah dilakukan melalui importir. Motor Yamaha V Series merupakan keluaran pertama yang dijual di Indonesia. Deretan produknya adalah V50, V70, V80, dan V90.

Tipe yang pertama adalah V50 dengan konsep dasar motor yang mudah dikendarai. Perawatannya juga simpel dan memudahkan. Semua motor V Series ini menggunakan mesin 2-tak yang saat ini masih menjadi koleksi sebagian orang.

2. Yamaha Force 1

Motor bebek ini diproduksi pada tahun 1992-2003 dengan kapasitas mesin 110 CC. Seri motor bebek 2-tak yang legendaris ini memang paling laris di Indonesia pada masa itu, tepatnya sebelum krisis moneter tahun 1998. Pada saat itu, motor ini dijual seharga Rp2.000.000,00.

3. Yamaha RX-Z

Deretan motor jadul produksi Yamaha memang terlihat klasik. Yamaha RX-Z ini diproduksi pada tanggal 1987-2004. Kapasitas mesinnya adalah 135 CC dengan silinder 2-tak. Motor ini merupakan yang sekelas dengan RX-King yang secara desain lebih gahar dibanding RX-Z. Secara desain, RX-Z ini justru lebih sporty dan kala itu semakin digemari. Harganya adalah Rp3,5 jutaan.

4. Yamaha RX-King

Salah satu motor klasik ini diproduksi pada tahun 1983-2001 dengan mesin silinder 2-tak dan berkapasitas sebesar 135 CC. Motor dengan bodi yang gahar ini menjadi primadona pada masanya. Jadi, tidak ada yang tak mengenalnya.

5. Yamaha Alfa

Di sepanjang tahun 1988-1992, Yamaha mengeluarkan motor Yamaha Alfa yang termasuk tipe motor bebek. Mesinnya berkapasitas 100 CC dengan silinder 2-tak. Motor ini merupakan pionir dari motor bebek 2-tak Yamaha. Motor ini adalah yang paling laris dan dibanderol seharga Rp200.000,00.

6. Yamaha Crypton

Tipe motor jadul keluaran Yamaha berikutnya adalah Yamaha Crypton yang termasuk jenis motor bebek. Sebenarnya, motor klasik dengan mesin berkapasitas 100 CC dan silinder 4-tak ini muncul setelah hadirnya Yamaha Alfa dan Force 1 yang pada masa itu masih memakai teknologi mesin 2-tak.

Melalui Yamaha Crypton ini, terciptalah inovasi motor bebek menjadi Yamaha Vega Series yang sampai kini masih diproduksi. Kala itu, motor bebek yang menjadi pionir untuk produksi motor berikutnya ini ditawarkan dengan harga Rp5 jutaan.

7. Yamaha AT-100 Klasik

Pernahkah Anda melihat motor Yamaha AT-100 Klasik yang termasuk motor sport? Motor tersebut diproduksi pada tahun 1966-1970 dengan mesin berkapasitas 100 CC dan silinder 2-tak. Bagi bikers yang gemar mengebut, motor tipe ini sangat direkomendasikan kala itu. Tampilannya yang gahar dan full color menjadikannya makin sporty dan sangat digemari.

8. Yamaha TZM

Motor keluaran Yamaha saat sepanjang tahun 1996-1998 ini berjenis motor sport fairing. Sepanjang dua tahun tersebut, motor ini menjadi produksi terbaik Yamaha di era 90-an. Bahkan, motor ini disandingkan dengan berbagai merek terkenal lainnya yaitu Honda NSR, Suzuki RGR, dan Kawasaki Ninja.

Yamaha ini menjadi inovasi karena sangat sporty dan tentunya menjadi incaran kelas elit. Performanya juga seperti motor balap dan secara bodi memang menyerupai dari sisi bodinya yang besar dan lekukan tangkinya.

Ulang tahun Yamaha ke-64 membuktikan dedikasinya untuk konsumen yang selalu terdepan, termasuk challenge di https://www.instagram.com/p/BzV241EHPji/. Beragam hasil karyanya dalam bentuk motor jadul tersebut jadi saksi perjalanan produksi Yamaha yang sudah berkiprah sejak zaman dahulu. Kini, Yamaha sudah menghadirkan aneka inovasi dalam hasil karyanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*