Vertikal Garden, Solusi Hijau Desain Rumah Minimalis di Perkotaan

desain rumah minimalis

Arloji Wanita – Tidak dimungkiri memang bahwa lahan di perkotaan saat ini sangat terbatas. Keterbatasan lahan ini tentu saja membuat seseorang tidak leluasa untuk membangun rumah impian mereka. Oleh karena itu, desain rumah minimalis kini menjadi pilihan favorite. Hal ini cukup beralasan karena memang desain rumah ini membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas.

Namun, rumah tipe minimalis biasanya menyisakan masalah. Ya, tidak ada ruang hijau yang bisa tumbuh di sekitar rumah Anda. Kondisi ini tentu saja membuat Anda risau, terutama jika Anda memang seseorang yang gemar berkebun. Selain itu, tentu, tanaman yang ada di sekitar rumah Anda akan membuat rumah tipe minimalis Anda menjadi terlihat semakin sejuk.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, maka ada salah satu ide yang bisa diterapkan. Ide yang dimaksud adalah vertikal garden. Seperti namanya, vertikal garden adalah membangun kebun dengan cara menyusunnya ke atas. Tentu, konsep ide ini sangat cocok diterapkan di konsep rumah tipe minimalis di perkotaan yang tidak memiliki lahan untuk berkebun.

Penasaran dengan detail konsep ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

desain rumah minimalis

Mengenal Vertikal Garden

Sebelum mengaplikasikan konsep vertikal garden pada desain rumah Anda, tentu mengetahui apa itu vertikal garden menjadi hal yang cukup penting. Nah, apa yang dimaksud dengan vertikal garden adalah taman yang dibangun pada sebuah bidang yang tegak lurus. Konsep inilah yang membuat vertikal garden seringkali disebut dengan taman dinding.

Tujuan utama dari konsep ini sebenarnya adalah untuk mengatasi keterbatasan lahan yang Anda miliki. Dengan ide ini, maka dengan lahan terbatas pun Anda tetap bisa membuat taman hijau yang indah dan bisa menghasilkan bahan pangan keluarga. Selain itu, vertikal garden juga sangat penting untuk mengurangi polusi udara perkotaan yang masuk ke rumah Anda.

Membuat Vertikal Garden

Jika dilihat dari konsepnya, maka ide ini sangat cocok untuk rumah minimalis di perkotaan yang sarat dengan kekurangan lahan. Lalu, bagaimana cara untuk membuat vertikal garden ini?

Nah, cara untuk membuat vertikal garden bisa dikatakan cukup mudah. Dalam hal ini, Anda bisa menanam tanaman dalam pot kemudian di susun ke atas. Bisa juga Anda menanam tanaman menggunakan pipa paralon atau bambu.

Kelebihan dan Kekurangan Vertikal Garden

Untuk mengenal lebih jauh tentang vertikal garden sebelum Anda mengaplikasikan ide ini, ada beberapa kelebihan dan kekurangan vertikal garden yang perlu Anda ketahui. Adapun beberapa k dan kekurangan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan vertikal garden

Beberapa kelebihan vertikal garden yang bisa dijadikan alasan kenapa hal ini penting untuk dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Menghemat penggunaan lahan untuk membuat taman di sekitar rumah
  • Taman cenderung bisa di dekorasi ulang dan dipindah sesuai dengan kebutuhan
  • Mengurang polusi udara di sekitar rumah
  • Menambah kecantikan pada dekorasi rumah minimalis

2. Kekurangan vertikal garden

Sedangkan beberapa kekurangan dari vertikal garden ini adalah sebagai berikut:

  • Vertikal garden cenderung lebih cepat kering karena sumber tanah yang cukup terbatas
  • Membuat vertikal garden cenderung lebih mahal dibandingkan dengan menanam pohon secara konvensional
  • Membutuhkan perangkat tertentu untuk membuatnya
  • Membutuhkan beberapa keahlian khusus
  • Bisa terlihat kacau jika tidak hati-hati dalam penyusunannya

Nah, demikian beberapa hal terkait dengan vertikal garden. Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan ide ini untuk mempercantik desain rumah minimalis, terutama untuk rumah tipe minimalis yang ada di perkotaan. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*